Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh Surat Lamaran Kerja  ~ Sahabat Budiman kali ini admin akan sajikan contoh surat Lamaran kerja Lewat Email. Kini banyak perusahaan yang sudah meng-legalkan calon karyawan untuk membuat dan mengirim surat lamaran kerja via email. Melalui metode ini perusahaan tidak perlu menyediakan banyak waktu dan tempat untuk perekrutan sedangkan bagi calon karyawan tidak perlu repot-repot mendatangi perusahaan tempat melamar kerja. cara mengirim surat lamaran kerja via email seperti ini sangat memberikan keuntungan di kedua belah pihak. Keuntungan dalam hal hemat waktu karena pengiriman cepat sampai ke tujuan, Hemat biaya karena tidak perlu mendatangi tempat pelamaran. 


Dari beberapa keuntungan di atas, ada kendala yang sering dihadapi calon pegawai yaitu tidak tahu cara kirim surat lamaran kerja via email, Selain itu sikap ragu-ragu atau takut salah menduduki peringkat paling atas sebagai penyebab enggannya para pegawai menggunakan fasilitas email.

Oleh karena itu untuk membantu calon pegawai yang tidak tahu caranya maka saya akan berikan langkah persiapan hingga contoh surat lamaran kerja via email. Berikut ini langkah-langkahnya :

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

contoh surat lamaran kerja via email 

Persiapan Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

1. Sebagai langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengirim surat lamaran kerja lewat email adalah menyiapkan berkas-berkas yang menjadi syarat lamaran kerja, Antara lain :

Buat surat lamaran kerja, boleh ditulis langsung di email ( lihat gambar di bawah ) atau dalam bentuk file di MS. Word, Notepad, dan lain-lain yang nantinya bisa diupload. Baca juga artikel Contoh Surat Lamaran Kerja yang Terbaik
  • Buat Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae ) , 
  • Surat Riwayat Hidup Lamaran Kerja
  • Ijasah 
  • Sertifikat 
  • KTP 
  • Pasfoto 
  • Surat - surat lain ( jika diminta perusahaan tempat melamar kerja ) 

Scan kelengkapan di atas dan simpan file ke dalam Flashdisk / Harddisk atau media lainnya. File inilah yang nantinya akan diupload ke dalam email. Usahakan ukuran file yang sudah discan tidaklah terlalu besar karena akan membuat proses upload menjadi lebih lama.

Catatan : Jika tidak memiliki scanner, Anda bisa mendatangi warnet-warnet terdekat yang biasanya menyediakan fasilitas scan


2. Pastikan punya akun email

Saat mengirim email sebaiknya menggunakan email sendiri, Bila menggunakan email milik orang lain tentu akan memberikan dampak terlihat tidak profesionalnya Anda. Jadi pastikan Anda punya akun email. Bila belum memiliki, Anda bisa membuatnya dengan panduan artikel Cara Membuat Email Baru Gmail dan Yahoo Indonesia

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Untuk melihat contoh surat lamaran kerja via email, Berikut ini saya tampilkan gambar email yang sudah berisi surat lamaran kerja.




Bagian no 1. adalah alamat email perusahaan yang dituju, di bagian ini harus di isi dengan benar, Jika salah sedikit saja maka lamaran kerja yang dikirim tidak akan sampai ke tujuan.

Bagian no. 2 adalah subjek email, isikan bidang ini kata lamaran kerja dan bagian yang ingin ditempati. Apabila bagian ini diberikan kode dari perusahaan (misalnya "Lamaran Kerja Administrasi - LKA002" ) maka isikan kolom 2 ini dengan kode tersebut.

Sedangkan nomor 3. adalah bidang untuk menulis lamaran kerja Anda. Tetapi bila Anda sudah menulis lamaran kerja dalam bentuk file maka hanya perlu lakukan upload saja dengan klik bagian yang ditunjukkan kotak berwarna merah. Di bagian ini juga Anda bisa gunakan untuk meng-upload file - file kelengkapan lainnya.

Setelah yakin sudah siap seluruh persyaratan, Silahkan klik "Kirim" yang akan mengirim surat lamaran kerja via email Anda ke Perusahaan yang menjadi tujuan.

Dari contoh surat lamaran kerja via email di atas, boleh dikatakan tidak ada perbedaan dengan pembuatan surat lamaran kerja yang dibuat di kertas biasa (tradisional).

Demikian contoh surat lamaran kerja via email, Semoga dapat memberikan manfaat.