Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi - Bahasan kali ini admin akan sedikit berbagi mengenai pengertian teks eksposisi. Teks Eksposisi adalah sebuah karangan atau paragraf yang memiliki kandungan berupa informasi atau pengetahuan yang mencoba digambarkan dalam bentuk yang padat, singkat dan jelas. Pada paragraf eksposisi tersebut memiliki sifat ilmiah atau bisa kita katakan sebagai pernyataan yang bersifat non fiksi. Untuk jenis-jenis dari teks eksposisi tersebut silahkan anda simak dibawah ini: 


 Jenis-jenis teks eksposisi

Kita mulai dari jenis teks eksposisi yang tentunya jika kita lihat ternyata teks eksposisi memiliki banyak jenis yang mempunyai makna yang berbeda-beda, nah berikut ulasan tentang jenis-jenis teks eksposisi: 

Jenis-Jenis Teks Eksposisi
  • Eksposisi definisi
  • Eksposisi Proses
  • Eksposisi Klasifikasi
  • Eksposisi Ilustrasi
  • Ekskposisi Perbandingan
  • Eksposisi Laporan

Eksposisi defenisi adalah suatu paragraf eksposisi yang memiliki isi mengenai pengertian akan sesuatu hal. Seperti:

Temulawakk adalah tumbuhann herbal yang berrasal dari Indonesia. Habitat tanamann ini berada di hutan tropis. Tumbuhan inii mampu hidup di dataran yang rendah secara baik. Tumbuhan ini memiliki kandungan minyak asiri, kurkumin dan zat tepung. Tumbuhan ini mempunyai berbagai manfaat dalam hal mencegah anemia, meningkatkan kerja ginjal, mencegah kanker dan lain-lain.
Teks eksposisi proses

Eksposisi proses adalah suatu paragraf eksposisi yang memiliki maksud tentang adanya proses pembuatan, proses penggunaan atau cara untuk melakukan sesuatu.
contoh teks eksposisi proses yaitu:  Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.
Teks eksposisi Klasifikasi

Eksposisi klasifikasi merupakan paragraf eksposisi yang memiliki isi tentang pengelompokan terhadap sesuatu.

Adapun contoh teks eksposisi klasifikasi yaitu:


Mengacu dari sifatnya, sampah bisa dikelompokkan menjadi dua jenis. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah untuk membusuk seperti kertas, plastik pembungkus makanan dan botol. Kemudian Sampah organik adalah sampah yang sangat mudah membusuk seperti sayuran, sisa makanan, daun dan lain-lain.
Teks eksposisi pertentangan

Eksposisi pertentangan merupakan paragraf eksposisi yang berisi mengenai sesuatu hal yang bertentangan dengan sesuatu yang lainnya.

Adapun contoh teks eksposisi pertentangan yaitu:

Hukum yang ada di Indonesia ibarat sebuah pisau, dimana tajam ke bawah, namun tumpul ke atass. Pencuri sandal diancamm hukuman penjaraa 5 tahun. Sebaliknya, koruptor yang telah merugikan uang negeraa hanya dihukumm 1 tahun penjaraa.
Teks eksposisi Ilustrasi

Eksposisi ilustrasi adalah suatu paragraf eksposisi yang memberikan gambaran secara sederhana tentang sesuatu dengan sesuatu lainnya yang memiliki kemiripan atau memiliki kesamaan sifat.

Adapun contoh teks eksposisi ilustrasi yaitu:

Kebijakann pemerintah seringkalii menyusahkan rakyatt kecil. Misalnyaa, kenaikann harga BBM membuat sangatt meresahkan rakyatt menengah kebawahh. Naiknya harga BBM akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik. Keadaan seperti ini akan menuntuk rakyat mesti memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhannya.
Teks eksposisi Analisis

Eksposisi Analisis adalah suatu paragraf eksposisi yang berisi membagi permasalahan pada setiap gagasan pokok menjadi sebuah bagian-bagian yang tertentu dan selanjutnya pada tiap-tiap bagian tersebut akan dikembangkan secara tersistematis.
Teks eksposisi perbandingan

Eksposisi perbandingan adalah suatu paragraf eksposisi yang berisi mengenai penjelasan ide pada sebuah kalimat utama dengan melakukan perbandingan dengan hal yang lainnya.
Teks eksposisi berita

Eksposisi berita adalah suatu paragraf eksposisi yang berisi mengenai berita peristiwa yang tertentu. 
Untuk struktur Teks Eksposisi silahkan anda simak dibawah ini : 

Contoh Teks Eksposisi Lengkap :

Contoh Paragraf Eksposisi

  • Sapu lidi adalah suatu alat yang dipergunakan untuk menyapu halaman rumah, kebun, atau bahkan dilapangan.

  • Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang merupakan warisan nenek moyang dan sudah diakui oleh lembaga UNESKO  November tahun 2010.

  • Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Panca artinya lima dan sila artinya prinsip atau asas. Lima sendi utama penyusun pancasila adalah Ketuhanan yang maha esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

  • Meja adalah sebuah perabotan rumah tangga, dan memiliki banyak fungsi, pastinya semua sudah tahu kegunaannya karena setiap rumah pastinya sudah memiliki meja, meja apa saja.

  • Teh terbuat dari daun teh yang sudah dirajang kecil-kecil dan dikeringkan kemudian diproses sedemikian rupa, ada yang dicampur kembang melati agar baunnya wangi dan masih banyak lagi campurannya sehingga menimbulkan dampak yang enak pada rasanya.

  • Pensil merupakan sebuah alat tulis yang selalu dipergunakan untuk menulis diata kertas ataupun yang lainnya

  • Kerjaan kutai adalah kerajaan paling tua di Indonesia yang diperkirakan muncul pada abad ke-4
Music yang didalami Roma Irama Berbasik music dangdut yang mana dapat dilihat dari hasil-hasil karya-karyanya yang dapat dibilang 99 persen bergenre dangdut. 

Demikianlah Pembahasan teks eksposisi yang bisa admin sajikan kesempatan kali ini, mudah-mudahan bermanfaat dan initinya terus belajar klo tidak mengerti tanyakan saja kepada yang lainnya. terimakasih