Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Gitar Untuk Pemula | Kunci Chord Gitar

Kunci Gitar. Menjadi seorang musisi yang handal itu adalah cita-cita admin waktu masih duduk di kelas 1 SMP, setiap hari belajar gitar ampe tiap pulang sekolah belajar, walaupun lelah tanpa henti-henti belajar hingga menjadi hobi, sampai lagu yang pertama yang  admin bisa Chord nya adalah Dot, wayang, Breggi, dan Gendul-gendul pacul. baru segitu bisa udah mulai unjuk gigi ke teman-teman. walaupun tidak ada guru yang profesional, bahkan untuk menghafal kunci Gitar atau chordpun masih standar. karena media untuk belajarnya belum sekomplik zaman sekarang yang serba instal tinggal buka mbak google. buat anda yang ingin belajar gitar tentunya butuh kesabaran dan sering praktek, media untuk belajat lebih gampang dibanding waktu belajat gitar admin. Ada yang perlu diperharikan dalam mepelajari kunci gitar atau chord. ada beberapa tips yang admin sajikan untuk anda semuanya. silahkan simak dibawah ini: 

Cara Cepat Menghafal Kunci Gitar

1. Jangan Berusaha Menghafal Kunci Dalam Jumlah Banyak
Jika anda dalah pemula yang baru mau belajar kunci maka tentunya jangan pernah mencoba untuk menghafal semua kunci yang ada. Mulailah dengan belajar dua atau bahkan satu kunci dahulu, anda bisa memulainya dengan menghafal kunci C karena kunci tersebut cukup mudah dan juga sangat sederhana. Setelah cukup lancar anda dapat mulai mencoba menghafal kunci selanjutnya seperti kunci G. Kedua kunci tersebut selain cukup mudah di hafal, juga sangat sering digunakan dalam beberapa lagu. Dengan hanya belajar beberapa kunci gitar saja terlebih dahulu maka akan membuat anda menjadi lebih fokus dan juga lebih mudah mengingatnya.

2. Berlatih Berpindah Kunci atau Chord

Untuk dapat menghafal dan juga membiasakan jari anda untuk memainkan kunci C dan juga G anda harus mulai belajar berpindah kunci. Hal ini memang tidak harus dilakukan dengan cepat karena anda dapat memulainya dengan perlahan dan juga dengan gerakan yang lambat terlebih dahulu. Secara bertahap anda akan mulai menjadi terbiasa dengan perpindahan kunci tesebut sehingga lama-lama akan membuat perpindahan anatara chord anda menjadi lebih cepat.

3. Mencari Guru
Guru disini bukan harus berarti orang, karena guru disini bisa berupa artikel yang sedang anda baca saat ini dan juga video dari youtube. Akan tetapi jika anda mendapatkan orang yang mau mengajari anda cara belajar kunci gitar tentunya akan lebih baik lagi karena dia akan sangat membantu anda dalam hal memperbaiki posisi jari anda dalam menekan senar gitar dan juga setidaknya secara tidak langsung dia akan memberikan motivasi bagi anda agar dapat memainkan kunci gitar dengan benar dan lebih cepat dibandingkan anda belajar sendiri.

4. Cetak Diagram Kunci Gitar
Dengan memiliki kunci diagram yang sudah di cetak maka hal ini benar-benar akan membantu anda untuk melihat secara jelas seperti apa chord yang seharusnya dibentuk. Mungkin anda dapat menempelkannya pada dinding kamar atau tempat yang sering anda kunjungi karena akan membantu anda dalam mengingat kunci-kunci gitar yang sedang anda pelajari.

5. Belajar Lagu-Lagu Sederhana
Dari pengalaman saya belajar kunci gitar, hal ini adalah hal yang paling penting. Karena dengan belajar memainkan sebuah lagu anda akan belajar mengikuti tempo, balajar memindahkan kunci dan anda menjadi terbiasa dan memiliki feel dalam bermain gitar. Lagu yang di pilih tentunya lagu yang memiliki sedikit kunci dan juga enak di dengar karena hal ini akan sangat membantuk anda. Sebagai contoh waktu pertama belajar gitar lagu yang saya coba pelajari adalah lagu dari Peterpan yang berjudul mimpi yang sempurna. Lagu tersebut hanya memiliki 4 kunci saja yaitu Em-C-G-D atau jika ingin lebih sedikit lagi anda dapat belajar dengan menggunakan lagu dari Sheila on 7 yang berjudul Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki dimana hanya menggunakan dua kunci saja yaitu G dan C.

6. Terus Berlatih
Hal ini sangat penting karena percuma anda sudah melakukan semua hal dari 1 sampai ke 5 akan tetapi anda jarang berlatih. Karena semakin sering anda berlatih maka akan membuat anda semakin terbiasa dan tentunya akan membuat anda semakin cepat belajar kunci gitar sebagai Seorang pemula. 
 
Harus anda ketahui bahwa perlu sobat ketahui adalah kunci dasar gitar !!! kunci dasar gitar yaitu chord :  A, Am , B , Bm , D , Dm ,E ,Em , C , G  keterangan Am : A minor , Dm : D minor dan seterusnya

Berikut ini admin sajikan  gambar kuncinya :



Kunci Gitar
ini kunci gitar A


Kunci Gitar
ini kunci gitar Am
 
ini kunci gitar B
Kunci Gitar    
ini kunci gitar Bm

Kunci Gitar    
ini kunci gitar C
Kunci Gitar  
ini kunci gitar D
Kunci Gitar  
ini kunci gitar Dm

Kunci Gitar  
ini kunci E
 
ini kunci gitar Em
Kunci Gitar
 ini kunci gitar F

Kunci Gitar  
ini kunci gitar G
 
Gambar diatas adminambil dari blog. http://kunci.chord-gitar.com/
 
Demikinlah sekolah mengnai teknik belajar kunci gitar atau chord bagi pemula semoha bermanfaat yang penting anda terus belajar dan belajar. dan jadikan main gitar hobi biar tidak bosan. Terimakasih