cara menghilangkan bekas jerawat secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat - Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Sahabat cantik  kata jerawat Sudahlah tidak asing lagi, apalagi dikalangan wanita. Wanita sangat sensitiv sekali terhadap jerawat, apabila tumbuh 1 wahh bisa uring - uringan marah - marah apalagi kalau tumbuh banyak jerawat yang akan membuat wajah kurang cantik dan pasti akan sangat memalukan.  Sebelumnya pernah diulas lengkap mulai jenis-jenis jerawat, penyebab jerawat, menghilangkan jerawat alami, menghilangkan jerawat batu hingga menghilangkan bekas jerawat seperti noda hitam atau bopeng akibat jerawat dan lain sebagainya yang berhubungan dengan masalah seputar masalah utama remaja ini
Cara Menghilangkan Jerawat


Sebenarnya tumbuh jerawat itu adalah hal yang alami. Jadi tidak perlu malu atau marah - marah kalau ada jerawat timbul diwajah. Yaaa walaupun saya juga tahu sih pasti kalian malu, selain itu jerawat itu menyakitkan pokoknya jerawat itu mengganggu. Dari pada kalian sibuk sana - sini kosmetik atau pembersih jerawat tapi gak sembuh - sembuh. Mending melakukan pencegahan dengan cara menjahui hal yang menyebabkan jerawat. Kan mencegah lebih baik dari pada mengobati. Hasila wajah menjadi sehat dan indah bebas jerawat itu yang di inginkan setiap wanita khususnya.

Jenis Jerawat Berdasarkan Bentuknya
1. Jerawat Radang
Apabila kantung folikel yang terdapat pada dermis terisi oleh lemak padat, maka akan mengakibatkan dermis mengembung. Kemudian akan pecah sehingga darah putih akan menyerang daerah folikel sabasea sehingga terjadilah peradangan pada kulit. Jerawat radang ini akan terasa sakit dan memiliki ukuran yang cukup besar lebih besar dari komedo yang didalamnya terdapat cairan nanah. Apabila kita berusaha memecahnya menggunakan tangan atau alat yang tidak bersih maka akan terjadi peradangan yang lebih parah dikarenakan kuman dari luar masuk dan menginfeksi.

2. Komedo

Mendengar kata komedo pasti tidak asing bagi anda, dan komedo ini juga termasuk salah satu jenis jerawat. Namun komedo tidak sakit seperti jerawat radang hal ini karena komedo merupakan jerawat yang hanya menyumbat pori-pori pada kulit dan tidak terinfeksi oleh kuman dan bakteri.

Komedo sendiri terdiri dari 2 jenis:

  • Komedo Terbuka (White hide comedo) yang memiliki ciri-ciri pori-porinya yang tersumbat memiliki warna putih pucat.
  • Komedo Tertutup (Black head Comedo) yang memiliki ciri-ciri pori-porinya yang tersumbat memiliki warna kehitam-hitaman.

3. Jerawat Konglobata
Jerawat jenis konglobata ini adalah kumpulan dari jerawat-jerawat terkadang berupa bisul-bisul. Mulanya jerawat seperti ini diawali munculnya 1 jerawat kemudian bertambah dan terus bertambah sehingga bergerombol dan menjadi satu yang kemudian melebar dan bernanah. Hal ini terjadi karena kita memencet jerawat menggunakan sesuatu yang tidak bersih seperti kuku atau alat-alat lainnya, sehingga kuman dan bakteri menyebar dan membuat jerawat semakin parah. Dan meski jerawat ini bisa disembuhkan namun bekasnya sulit untuk dihilangkan.


Jenis Jerawat yang di Kenal Masyarakat
1. Jerawat Batu
Jerawat batu sebenarnya sama saja dengan jerawat radang, namun memiliki ukuran yang lebih besar dan terasa menyakitkan karena terjadi peradangan yang hebat. Jika terus dibiarkan tanpa segera diobati maka setelah jerawat ini sembuh akan meninggalkan bekas luka seperti cekungan pada wajah yang tak bisa diobati.

2. Jerawat Pasir
Jerawat pasir adalah kumpulan jerawat-jerawat kecil yang banyak sehingga terlihat seperi pasir. Jerawat ini tidak sakit karena tidak terjadi peradangan namun membuat wajah jadi tidak enak untuk dilihat.

Aneka Jenis Jerawat Lainnya

1. Jerawat Juvenil
Jerawat juvenil adalah jerawat yang terjadi karena perubahan hormon dimasa remaja yang mengalami pubertas atau antara umur 14 hingga 20 tahunan. Hormon tersebut tidak stabil dikarenakan memproduksi sebum.

2. Jerawat Rosacea
Berbeda dengan jerawat juvenil, jerawat yang satu ini muncul pada wanita usia 30 hingga 50 tahun. Jerawat ini terjadi akibat peradangan kemudian akan menimbulkan lipatan pada hidung yang seolah-olah terliah bersisik. Apabila terkena jerawat ini maka untuk mengatasinya adalah dengan pergi ke dokter kulit.

3. Jerawat Nitrosica
Jerawat yang satu ini merupakan jerawat yang cukup berbahaya karena jika salah melakukan pengobatan bisa menimbulkan lubang pada wajah dan dapat merusak wajah. Jika anda terkena jerawat ini maka solusinya adalah anda harus pergi ke dokter kulit. Jenis jerawat ini adalah tahapan akhir dari jerawat.

4. Jerawat Vulgaris
Jerawat vulgaris ini sebenarnya adalah nama lain dari komedo. Komedo ini adalah salah satu jenis jerawat yang cukup mudah untuk diobati. Umumnya dapat disembuhkan dengan melakukan penguapan di bagian wajah yang terkena jerawat.


Nah supaya lebih faham apa sich faktor-faktor hingga timbulnya jerawat dan penyebab jerawat :


  1. Efek samping dari Stress
  2. Karena Faktor Keturunan atau Genetik
  3. Karena Aktivitas hormon ataupun akbiat penurunan hormon pada wanita
  4. Akibat hormon testosteron pada pria
  5. Disebabkan oleh kelenjar minyak yang sangat aktif (Hiperaktif)
  6. Terdapat bakteri pada pori - pori kulit
  7. Disebabkan oleh berbagai macam polusi udara
  8. Akibat kita sering menggaruk wajah dan terjadi iritasi sehingga timbul jerawat
  9. Akibat menkonsumsi pil KB
  10. Anabolic Steroid
  11. Karena adanya darah kotor
  12. Jenis jerawat akan muncul tergantung pada umur kita juga
  13. Terlalu banyak mengkonsumsi coklat
  14. Terjadi penyumbatan pori - pori wajah akibat sel kulit mati tidak terangkat
  15. Kurangnya memimun air putih juga bisa menyebabkan jerawat
  16. Terlalu banyak merokok dan meminum alkohol
  17. Akibat alergi pada kosmetik
  18. Kurangnya asupan vitamin A pada tubuh. Contoh makanan yang mengandung vitamin A antara lain wortel, ubi, bayam dll
  19. Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 seperti ikan , susu dll
  20. Sering memegang jerawat sehingga memperbanyak jerawat
  21. Terlalu sering menyentuh wajah padahal tangan kita penuh dengan bakteri
  22. Terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung
  23. Kurang menjaga kebersihan kulit
  24. Jarang mencuci muka, padahal kegiatan mencuci muka harus dilakukan saat bangun tidur setelah beraktifitas dll
  25. Akibat rambut yang tidak pernah diberihkan juga bisa mengakibatkan jerawat. karena rambut yang kotor sering menempel pada daerah wajah.
Setelah kita memahami faktor penyebab timbulnya jerawat, sekarang kita pikirkan apa such Cara Mengatasi Jerawat Membandel Secara Alami, Cepat dan Efektif. Jangan khawatir admin akan kasih tips buat yang menderita jerawat yang membandel Berikiut tipsnya. 

1. Menggunakan Es Batu Es batu berperan untuk meningkatkan sirkulasi darah pada area sekitar jerawat sekaligus membantu mengecilkan pori-pori pada kulit, membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan kotoran pada kulit dan menghilangkan minyak berlebih yang menumpuh pada kulit.

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Es Batu
  • Siapkan es batu secukupnya
  • Bungkus menggunakan kain yang bersih
  • Tempelkan pada area wajah yang berjerawat secara merata
  • Tahan selama beberapa menit dan lepaskan ketika sudah tak bisa menahan rasa dinginnya
  • Ulangi lagi terus proses tersebut selama berkali-kali sekitar 10-20 kali
  • Lakukan cara ini dengan rutin hingga jerawat benar-benar sembuh
2. Menggunakan Madu Madu memang mmeiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh yang tak bisa diragukan lagi. Madu juga mengandung antibiotik yang sangat tinggi. Madu dapat mencegah infeksi menyebar yang berakibat meradangnya jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Madu
  • Siapkan madu alami (bukan madu produksi pabrik)
  • Oleskan pada jerawat menggunakan kapas
  • Diamkan sekitar 25-35 menit
  • Bersihkan wajah menggunakan air bersih sesudahnya
  • Lakukan rutin hingga mendapatkan hasil yang maksimal

3. Menggunakan Buah Lemon Salah satu buah yang mengandung Vitamin C yang sangat tinggi ialah lemon. Lemon sangat baik jika digunakan untuk mengobati jerawat, lemon dapat mengecilkan jerawat dengan cepat. Tetapi yang perlu diingat ialah pergunakan lemon yang masih segar dan cara ini mungkin tidak cocok untuk kulit yang sensitif.

Cara Menyembuhkan Jerawat Menggunakan Lemon
  • Sediakan 1-2 buah lemon segar
  • Peras lemon dan taruh airnya pada wadah
  • Basuhkan air lemon pada wajah yang berjerawat menggunakan kapas
  • Lakukan ini secara rutin saat malam menjelang tidur

4. Menggunakan Bawang Putih Bawang puti yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini merupakan antijamur, antiseptik, antioksidan dan antivirus yang sangat bermanfaat sekali untuk wajah berjerawat. Bawang putih juga mengandung sulfur yang dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Bawang Putih
  • Ambil bawang putih dan potong 1 siung bawang putih menjadi 2 bagian
  • Gosok-gosokkan bawang putih yang telah dipotong ke jerawat dan biarkan selama 5-10 menit
  • Cucilah wajah menggunakan air bersih
  • Lakukan ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang maksimal

5. Menggunakan Buah Tomat Tomat merupakan buah yang juga kaya dengan kandungan Vitamin A dan Vitamin C. Kandungan vitamin yang tinggi tersebut membuat buah tomat sangat baik untuk dijadikan obat alami untuk menghilangkan jerawat.

Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Buah Tomat
  • Sediakan 1 buah tomat yang matang (kemerahan)
  • Potong buah tomat menjadi irisan tipis-tipis
  • Tutup area jerawat dengan irisan tomat tersebut
  • Diamkan sekitar 10-15 menit
  • Lakukan dengan rutin

6.  Menggunakan Buah Jeruk Nipis Jeruk nipis umumnya dipakai oleh ibu rumah tangga untuk keperluam memasak dan mencuci piring-piring kotor. Selain itu jeruk nipis juga banyak sekali dijadikan sebagai obat karena banyak mengandung Vitamin C. Jeruk nipis bisa dijadikan obat untuk menghilangkan jerawat yang cukup efektif.

Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Jeruk Nipis
  • Sediakan 1 buah jeruk nipis
  • Peras airnya dan ambil sekitar 1-2 sendok makan
  • Campur dengan madu 1-2 sendok makan
  • Oleskan pada jerawat menggunakan kapas
  • Biarkan selama 10-20 menit
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih
  • Lakukan dengan rutin hingga jerawat sembuh
Demikianlah Pembahasan mengenai Cara menghilangkan Jerawat secara alami, supaya terhindar dari masalah jerawat ada beberapa tips yang harus di lakukan diantaranya :
  • Hindari memakai kosmetik yang berlebih dan berbahaya bagi kulit
  • Jangan menyentuh wajah yang berjerawat
  • Jangan memencet jerawat anda
  • Bersihkan wajah dengan cuci muka minimal 2X sehari
  • Seringlah Berolahraga
  • Perbanyak meminum air putih
  • Hindarkan pikiran dari stress
Demikianlah Singkat pembahasan mengenai  cara menghilangkan Bekas jerawat membandel secara alam, mudah-mudahan dapat bermanfaat sedikitnya anda semuanya bisa mempraktekannya selamat mencoba, terimakasih