Kumpulan Puisi Idul Fitri dan Idul Adha

Puisi Idul Fitri dan Idul Adha - Dua hari raya Besar Umat Islam yang sangat dinanti-natikan oleh kaum Muslimin, Idul Fitri (Bahasa Arab: عيد الفطر ‘Īdul-Fiṭr) adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi, sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda.




Sedangkan  Idul Adha (bahasa Arab: عيد الأضحى) adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya. Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam. Pusat perayaan Idul Adha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji. Hari Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul Adha disebut pula sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.


Puisi Idul Fitri Terbaru 

Selamat Hari Lebaran
Mohon maafkan segala kesalahan
==============================
Andai rembulan bisa kuhentikan
dia akan kuhentikan
hingga tak akan datang hari lebaran
sampai kata maaf kau berikan
Tapi rembulan tak bisa kuhentikan
karenanya hanya tersisa harapan
kebaikan hatimu untuk memaafkan
=================================


Kata-kata marah
membuat hati gundah
Kata-kata indah
membuat hati merekah
Kata-kata kaumaafkan segala salah
membuat hari lebaran cerah
=================================
Berenang di samudera biru
sungguh menyenangkan
Namun berenang di samudera maafmu
jauh lebih menakjubkan
=================================
Simpatimu sungguh mengagumkan
Sopan santunmu indah menawan
Tutur katamu hangat menentramkan
Maaf yang kauberikan
membuat hari lebaran mengesankan
=================================
Sebutir kelapa
Segelas gula
Sesendok vanila
Kumasak jadi geplak
Kuhadiahkan di hari fitri
untuk sarapan pagi.
Sambil kuharap kau sudi
memberiku pengertian
dan pengorbanan
dengan melupakan
semua kesalahan masa silam
================================
Pengertian
Pengorbanan
Mendengarkan
Memaafkan
Hanya itu yang bisa kutawarkan
di hari lebaran
================================
Puasa melatih menahan keinginan
Tarawih melatih tabah lawan kelelahan
Tadarus melatih sabar lawan kemalasan
Ramadhan adalah hari pelatihan
Lebaran adalah saat kemenangan
Selamat merayakan hari Lebaran
Mohon maafkan segala kesalahan
================================
Andai waktu mau berhenti sejenak
Kita bisa lebih lama nikmati ramadhan
Tapi waktu tak mau kompromi
Telah datang hari Idul Fitri
Doaku untuk keberhasilan kita melatih diri
Semoga puasa membuat hidup kita lebih berarti
================================
Duhai cinta yang meraja
di bulan puasa
Setelah hari raya tiba
janganlah kau pergi
dan membuatku merana
karena jauh dari Sang Pencipta
================================
Lapar tak terasa
lelah tak membuat putus asa
kantuk tak membuat terlena
Karena nikmat mencintai-Nya
meraja di bulan puasa
Semoga tak pergi setelah hari raya
================================
Allah yang maha penyayang
turunkan hujan ampunan
di bulan ramadhan.
Dirimu yang penuh kemaafan
kumohon keikhlasan
merelakan segala kesalahan
yang pernah kulakukan
================================
Aku tahu pasti
kau berat hati
melupakan pedihnya
sayatan kekhilafanku
yang membuat hatimu
berdarah-darah luka.
Namun aku tidak putus asa
dengan penuh kerendahan hati
mengemis kebaikanmu
mengharap kerelaanmu
membuka gerbang hati
di hari raya fitri
================================
Indahnya lebaran karena kau bersedia mendengarkan
Cerianya lebaran karena kata-kata indah yang kau ucapkan
Hangatnya lebaran karena pengertian yang kau tawarkan
Lengkapnya lebaran hanya setelah maafmu kau berikan
================================
Allah menunjukkan jalan kebenaran
dengan menurunkan Al Quran
Menusia meraih kebahagiaan
dengan meniti jalan kebenaran
Hari lebaran akan penuh kebahagiaan
bila kau maafkan segala kesalahan
================================
Ulurkan tanganmu
terima rasa sesalku
atas semua kesalahanku
yang kulakukan padamu
================================
Harya Penangsang
ksatria gagah dari Jipang,
Kudanya Gagak Rimang
berlari kencang bagi terbang
Kesalahanku bergantang-gantang
mohon dibiarkan hilang dari pandangan
Noda dosaku yang bagai bayangan
mohon dihapuskan dengan cahaya terang
================================
Perut melilit lapar
Kerongkongan kering
Mata berat bekas tadarus
Namun tangan tetap gagah
menyandang senapan
Tubuh tetap tabah berlari kencang
melawan serbuan tank penjajah
yang menjarah rayah tanah.
Rayakan Idul Fitri
dengan niat suci
bebaskan Masjid Kota Suci
dari cengkraman penjajah keji
 

 Disini aku berdiri
penuh kesadaran diri
atas banyaknya duri-duri
kutancapkan melukai hati
Demi hubungan baik kita
kumohon di hari lebaran
sudilah kau hapuskan
semua dosa dan kesalahan
yang pernah kulakukan

puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 1

Aku minta maaf….
Kalau selama ini aku ga bisa jadi kekasih yang baik buat kamu
Mungkin kamu akan merasa lebih tenang
kalau aku ga bersama kamu lagi
Mungkin kamu akan merasa lebih tentram
kalau aku ga mengusik kehidupan kamu lagi
Tapi asal kamu tahu…
Sampai kata-kata ini ditulis,
bahkan sampai berkali-kali dibaca
Cinta itu masih ada untuk kamu !!!

Lamsky,


puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 2

RINDU
DI MALAM HARI Q MERENUNG
MEMIKIRKAN WAJAH DIRIMU
DI SIANG HARI Q MENANTI
DIRI MU DI SINI

DI TENGAH MALAM Q MERENUNG
DITEMANI KEGELAPAN MALAM
DAN DERU ANGIN MALAM
YANG MENGHEMBUSKAN NAMAMU

DIRIMU MENGHILANG
BAGAI TERBAWA ANGIN
DAN…………
BAGAI DI TELAN BUMI

DI MANAKAH GERANGAN DIRIMU MENGHILANG?

spty,


puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 3

PANDANGI LANGIT malam
perhatikan BINT@NG
COBA renungi aku
kau kan temukan bayang WAJAH KU

teringat shair lagu dari mu
terlalu lembut,terlalu sahdu ku dengar
namun mengapa seiring berjalanya waktu
baru ku tau kau bukanlah miliku

janji mu terlalu indah……
pedangmu adalah lidah
yang mengoyak hati ku
dengan segala janji manis mu

Pernah berfikir tuk kembali
Namun…………
Teringat skit hati yang kau beri
Bahkan terlalu sulit tuk bayangkan
Kau menjadi kenangan

SUCI,


puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 4

CINTA
Cinta bagai misteri…
Tiba-tiba datang, Tiba-tiba pergi
Pabila datang membahagiakan Hti
Pabila pergi menyakiti Hti

Kau datang dalam hati
Mengisi kekosongan hti ni
Memberi kebahagiaan bagi hti ni

Karna dirimu, diriku bahagia
Karna dirimu, diriku tertawa
Karna dirimu, diriku bersedih
Karna dirimu pula, diriku menangis

SPTY,


puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 5

Disaat langit tlah terlihat mendung, disaat awan tebal tlah menyelimuti hati dan disaat rasa rindu itu tlah datang padaku, aku merasa sangat tersiksa olehnya. Tlah lama aku coba untuk membujuk hati ini agar bisa menerima dia sebagai pengganti orang yang aku sayangi yang tlah pergi meninggalkan aku, namun ternyata tak semudah saat aku mengnal lalu mencintainya dulu. Hati ini terasa beku oleh kisah lalu, hati ini masih merasakan sakit oleh hujaman dusta yang dia lakukan padaku.

http://www.qino-lokta.blogspot.com/


puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 6

Saat kata terucap dengan manis
Mengapa tak hanya diam
Kau semakin menghancurkan ku
Walau ku tak mengerti maksud hatimu

Hati??
Mengapa s’lalu menyebut hati
Perasaan??
Tak adakah kata lain

Kau bilang kan menjaga Perasaan ku
Tapi kini kau menyakitiku
Kau hancurkan hatiku
Perasaanku

Tak sadarkah kau
Dimana hatimu?
Kata-katamu manis
Semanis lidahmu mengucap

Tapi telingaku sakit saat mendengarnya
Bagai tersambar petir
Begitu teganya dirimu
terhadap cinta suciku……………………………………..

liana,


puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 7

Cinta

Perih yang mengiris
luka yang menyayat
hanya sepenggal kisah cinta..
akhir cinta yang kecewa..
bila tlah melekat di sukma
sgala bahagia yang hadir hanyalah perhiasan…
dan bunga yang masih mekar
menundukkan kepala menahan beban
tersenyum di atas seluruh senyum sang taman…
cinta… cinta.. cinta…
mencintai sang Cinta adalah yang paling abadi

vio_letta,


puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 8

Adakah yang mencari cinta sejati? kadang cinta datang terlambat.. saat sang bunga tlah berpendamping, tak ada lagi yang boleh menyentuhnya… namun rasa yang muncul bukan kesalahan yang harus dicerca ataupun untuk dipermasalahkan… cinta hanyalah rasa yang membuat kita hidup… lebih hidup dengan perasaan cinta yang sempurna… dan jika hidup tanpa cinta yang kita inginkan,,, sepertinya, kita telah kehilangan separuh dari hidup kita… tapi.. meski tanpa cinta itu, kita masih bisa hidup dengan separuh kehidupan yang kita miliki.. atau bahkan kita menemukan cinta yang baru.. yang akan siap mengisi kenangan-kenangan kita dengan kisah yang baru… cinta.. cinta… orang rela mati demi cinta.. namun itu adalah hal terbodoh yang dilakukan demi cinta.. karena dengan demikian kita akan kehilangan cinta dari sang Cinta… selamat mencintai cinta kalian… sgala yang tlah terlewat,, jangan disesali… bersyukurlah, karena setidaknya kita telah diberi waktu untuk mengenal orang seperti dia… bahkan sempat memilikinya…

Vio_letta18@yahoo.com


puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 9

ku semai malam bersama sepi dan duka lara hati
melamun jauh menerawang dinginya dinding malam

kusandarkan jiwaku pada dinginya
kusatukan jiwaku pada hembusnya

senyum masam duka lara
terangkai besama dingin dan hembusnya

kabut asmara terperosok
dalam terjal gelap tanpa titian

pedar cahaya cinta padam
tanpa sekerlip cahaya tersisa..

gelap sunyi sepi
gelap sunyi sepi
gelap sunyi sepi
gelap sunyi sepi

tak kan berhenti menyelimuti

ata,

puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 10

qu sangat membencimu…
karena kau gak pernah mengerti perasaan wanita..
kau menyukai wanita hanya demi kenikmatan sesaat…

gk mencintai wanita itu dengan setulus hati mu…
gk pernah rela berkorban sedikit pn demi wanita…
apalagi rela demi cinta….

mudah2an kau mendapat balasan yg setimpal ,,,
atas perbuatanmu kepada wanita…

amiiiinnnn….

by : icha


puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 11

klo menurut gua cinta itu KEJEM kya NARKOBA.,.

*kita bisa ngerasa nyesel bgt klo udah tau bahwa akhir nya make narkoba itu kya gni..
*kita jyga nyesel bgt klo tw akhir nya jatuh cinta itu kya gini…

-kita bisa ketawa sendiri klo lg jtuh cinta
-kta jg bsa kta sendiri klo lg kena ganja
-masa depan gua ancur gra² narkoba
-masa depan gua jg hancur gra² patah hati
-nyawa gua hampir ilang gra² narkoba
-nyawa gua jg hampir ilang gra² cinta.

jadi menurut gua cinta itu kejem
gk ada beda nya dengan barang haram/narkoba.

jadi pertnyaan gua
APAKAH CINTA ITU HARAM HUKUM NYA?????

BY: ALAN FRAHAZTA


puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 12

terimakasih tuhan………….
kau tlah sempurnakan hariq……….
terimakasih tuhan,,,,,,,,
tlah kau kirimkan dya untukq……..
terimakasih tuhan……..
atas rasa ini……….
terimakasih tuhan……….
untuk bahagia ini……..
terimakasih tuhan…….
untuk semuanya…….
tlah kau kirimkan,,,,,
seseorang yang amad sangath aq sayangi,,,,
yang tlah membuka mataq,,,,,,,,
bahwa masih da harapan dan impian…..
kini q tau…..
da bahagia d balik sedihq……..
kini aq tau aq tak sendiri lagi…….
kalau boleh aq meminta pada-Mu………..
jangan pernah pisahkan aq darinya,,,,,,,,,
jangan pernah ada air mata lagi……..
jangan pernah ada kecewa…….
jangan ada ratapan………..
jangan ada derita………
karena aq tlah lelah…..
lelah menanti…..
lelah tersakiti….
lelah menangis…..
lelah tuk slalu berharap yang tak pasti……..
lelah dalam derita asa yang berbalut keindahan……..
lelah dalam kepalsuan ini……..
lelah tuk smuanya,,,,,,,,,
dan sekarang
aq bukanlah boneka retak lagi
akan q hadapi semuanya tanpa airmata
karena hanya akan ada senyuman
bersamanya……
selamanya……..

luph purple,


puisi lebaran – puisi-puisi hari raya idul fitri romantis 13

..tak berhak aku..
..tuk katakan tidak..
..tak mungkin aku..
..tuk bohongi hati ini..

..memang ku tak akan rela..
..jika kau bersama dia..
..tapi itu semua..
..adalah pilihan cintamu..

..ku hanya dapat..
..berteriak dalam hati..
..perasaan sayang ini..
..perlahan pasti akan tergantikan..

..kan ku mulai..
..untuk membuka lembaran baru..
..namun bukan berarti..
..ku kan berhenti tuk mencintaimu..

(simple lucu) Sebelum bulan suci pergi, sebelum operator pada mudik, sebelum SMS pending mulu, sebelum pulsa dah abis, dari hati tulus ngucapin Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf lahir batin. (simple lucu) Sobat Selamat Hari Raya Idul Fitri ya. Mohon maaf lahir dan batin. Ketik MAAF YA dan kirim ke HP ku, untuk balik memohon maaf padaku. (puisi simple) Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling berjabat, semoga pesan singkat ini mampu menjadi jembatan dalam hari kemenangan, dengan tulus ikhlas aku ucapkan Minal Aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin (puisi simple) Jalani hari menabur salah dan khilaf. Meraih fitri menuai maaf nan ikhlas. Semoga tiada tersisa khilaf  dan dosa. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum. Selamat Lebaran Idul Fitri.
 

 Hampir sebulan penuh sudah kita berpuasa...
Hampir sebulan penuh sudah kita bersabar...
Menahan nafsu, makan, minum...
Berjuang melawan semua...

Hari besar kan datang
Hari yang dinanti
Hari besar kta
Hari Raya Idul Fitri

Dihari itu kita berbagi
Kita saling memafkan
Kita memulai hati kita yang baru
Dengan hati suci yang bersih

Min Al Aidin Wal Fa Idin
Kita saling memaafkan dan memohon maaf bersama
Bersilahturahmi...

Semoga Hari ini selalu hadir sepanjang tahun di hati kita
Agar dunia dapat menjadi lebih damai
==========================

LEBARAN TELAH TIBA
 
Bulan Ramadhan telah usai
Dan lebaran telah tiba
Yaitu hari yang dinanti-nanti-kan
Oleh umat muslim dan muslimat

 Selamat hari lebaran
 Saatnya maaf-maafan
 Minal aizin walfa izin
 Mohon maaf lahir dan batin

Lebaran adalah hari
Yang sangat indah
Karena kita bagaikan
Seperti bayi yang baru lahir

 Karya: Geyan Fatihah.
================================
Fajar 10 terakhir - Puisi Lebaran
Ku tatapi merah biru langit yg bisu,
Akhir fajar Ramadhan nan ayu.
Banyak ungkapan hati tlah didapati,
buah madrasah i'tikafiy di bulan suci.
Meluap dan tak rela terpendam,
dan kemudianpun aku bergumam...
"selamat tinggal wahai ramadhan...
Akankah Rabb-mu mempertemukan kita kembali.
Selamat jalan malam-malam yg mulia...
Perkenankan ku tuk mengingat kemesraan kita.
Disini kutulis janjimu, menungu.
walau sebelas bulan ku sabar termangu..."

oleh: windi iskandar

Ketika Tiba Hari Yang fitri
Krtika berkilau embun pagi
Dan merekah sinar mentari
Satu kupinta kepada ilaahi
Semoga jiwa kembali suci
Selamat Hari Raya Idul Fitri

Ketika ramadhan telah lepas
Tiada dzikir yang lebih pantas
Selain takbir bagi pemilik ‘Arsy.

Ketika takbir telah bergema
Tiada yang lebih bermakna
Selain pintu maaf yang dibuka.
Selamat lebaran, semoga diterima amalan,
yang ikhlas dilakukan, selama Ramadhan.

 oleh: Al Habib


Ketika Ramadhan Pergi
Sebagai bulan yang kucintai
aku sedih saat kau pergi
tak banyak yang kuberi
saat bersamamu setiap hari
Alangkah malunya hati ini
kesempatan yang diberi Ilahi
tak banyak kumanfaati
Betandan-tandan pahala yang Dia janji
seolah-olah sesuatu tak berarti
Masih banyak waktu aku terbuai
sesuatu tak bermanfaat bagi diri
Banyak kesempatan beramal
kubiarkan berlalu tanpa arti
Namun aku masih berharap kemurahan Ilahi
Walau hanya sedikit amal ibadah Ramadhan ini
Membawa diriku selangkah menaiki
Tangga ketakwaan pada Ilahi
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon Maaf lahir dan batin
Semoga puasa sebulan membawa kita
mencapai derajad takwa
oleh: Okky


Kematian…
Bila tahu esok kematian datang
Segala urusan kecil terlupakan
Segala tetek bengek diabaikan
Segala keputusan ditimbang matang
Abaikan alasan dangkal dan kekanak-kanakan
Pentingkan nasib setelah kematian
Utamakan hikmah dan kebenaran
Teguh disiplin di jalan Tuhan
Karena semua materi ditinggalkan
Harta dan jabatan tak dibawa ke kuburan
Hanya amal kebenaran yang jadi kawan
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Segala kesalahan mohon dimaafkan
Semoga kita menjadi insan bertakwa


PUISI HARI RAYA IDUL ADHA TERBAIK

Merah darah tertumpah
Mengalir deras membasahi tanah
Satu tumbang
Dan di susul dengan lainya
Terjerembab
Terjatuh
Tanpa daya
Namun...
Bukan itu
Oh bukan sekedar simbolis belaka
Tapi
Ada satu tanya ?
Adakah, makna yang sama ?
Antara pengorbananmu
Dan...
Pengorbanan ismail dulu ?

Idul adha telah menghampiri
Para pecinta tuhan sejati
Dengan amalan tanda bakti
Pada ilahi yang maha suci
Mohon dirimu sudi melengkapi
Dengan mengampuni segala salah
Yang telah aku perbuat selama ini

Langit lebaran telah di bentangkan
Bumi lebaran telah di hamparkan
Aku berdoa

Semoga saja...
Hatimu , seluas langit dan bumi
Atas segala apa yang ku lakukan padamu


MALAM QURBAN 
Malam kian membuncah nan kelam
Tak terasa bulir bening meniti
Ketika gema takbir atas Asma-Mu terlantunkan
Bak kidung malam yang mengalun syahdu
Ya; kini hari raya Idul Adha
Dimana seorang ayah di minta untuk menembelih anaknya
Setelah tahu, anakpun ikhlas dan rela
Mukzijatpun datang, sang anak terselamatkan
Hati yang sunyi nan sepi
Kini lenyap; lantunan Asma-Mu memecah malam
Akupun ikut meramekan
Kegundahan hatipun lenyap
Senyumpun terukir indah

Puisi by : Aksara Kasih


PESTA DAGING KAUM JELATAKU

Genderang telapak berjepit, kumandang
Di hitamnya aspal, berterik
Selendang lusuh melingkar dada
Bersimpul bahu ujung menjilbab
Bukan penutup aurat
Tapi tudung kepala, menggeliat

Dimohon antri
Selembut sutra terdengar
Diharap antri rapi
Terkumandng sedikit memecut
Desakan jelata tak indahkan
Diminta antri yang baik
Bentak bergelegar mengjhalilintar
Menyelinap di antara hujan peluh
Yang membanjiri keriput renta
Para wanita jelata kaum papa
Yang masih paruh baya
Tua sebelum saatnya tiba

uhh...
Jangan dorong, dong
Sakit terhimpit disini
Suara hiba dari bibir ke-papa-an

Nanti...
Separoh akan kubistik
Ohh lezatnya, menelan ludah
Tahun lalu sudah sate, kok
Guman si tipis berkeromtang jasat
Laa yang sepauh, Yuk

Timpal si mungil berpucat pasi
Terhimpit meringis kumpulnya
jelata berkaum

Low mau kujual, Nduk
Loohh kok, Yuk
Aku mau pesta dengan keluarga, Nduk
Jangan salah berpaham
Sepauh itu tuk beli bumbu dan beras
Apa aku dosa, Nduk
Dosakah aku
Dalam ngidam pestaku

Hoee, antri yang rapi
Bentak sang panitia berdasi sarung
Yang bertuna rasa

Uhh, Iya iya
Jangan ngomong saja
Cepat bagi kurangi antri
Meneraka di sini
Satu kresek dua ons setengah
Kok pakai bentak segala

Waahh, nduk aku sudah terbagi
Alhamdulillah
Yaa Allah Yaa Rabbi
Aku benar pesta, sore ini
Hahaha dapat dua kresek lagi
Satu daging murni
Kan kujual demi bumbu dan nasi
Satu lagi yang bercampur tulang belulang
Kunikmati sebagai bistik
Pesta Daging tahunanku
Ohh indahnya hari kurbanku

Puisi by : YO HERIE SUYIDNA


Demikian Yang bisa admin Sajikan kesempatan Kali ini, mengenai Puisi Idul Fitri Dan Idul Adha - Mudah mudah dengan Puisi Ini menambah keiman kita untuk senantiasa istiqomah dalam ibadah kepada Allah SWT. Terimkasin